Paskah Lansia 2017

 

Pada hari Rabu, tanggal 19 April 2017 lalu, diadakan ibadah Paskah Lansia di gereja Lemah Putro. Ibadah dimulai pukul 09:00 lebih awal setengah jam dari biasanya. 

Suasana ibadah kali ini sangat berbeda karena tim poppenkast ikut serta memeriahkan pera-yaan Paskah. Ibadah dimulai dengan lagu 'Dia lahir untuk kami' dipimpin oleh ibu Silviati dan doa pembukaan oleh Bpk. Harianto sebagai Pimpinan pengasuh lansia.

Persembahan pujian sangat lengkap mulai dari anak kecil berpakaian daerah memainkan seruling menyanyikan lagu 'Besarkan Dia', backing vokal oleh para wanita dan lagu 'Untungku Besar karena Yesus milikku' oleh beberapa oma sambil bermain angklung. Tepuk tangan dari semua yang hadir terdengar saat persembahan pujian selesai dinyanyikan.

paskah-lansia-2017-1

Sebelum Firman Tuhan diberitakan, ditampilkan drama singkat yang disuguhkan dengan seder-hana namun komunikatif dan jelas oleh tim poppenkast sebagai bagian dari Firman Tuhan yang berjudul 'Kebangkitan yang Mengobarkan Semangat', diambil dari Injil Lukas 24:13-33 dan disampaikan oleh Pdt. Lukas Widiyanto.

natal lansia - 2

Dijelaskan bahwa semangat yang 'padam' dapat menimpa siapa saja termasuk para lansia kare-na kecewa sehingga merasa letih, lemah, lesu dan menganggap Tuhan Yesus 'mati'.

natal lansia - 3

Melalui kisah ini, kita diingatkan bahwa:

1. Kebangkitan-Nya mengobarkan semangat yang padam karena itu berkobarlah melayani Tuhan walau sudah lanjut usia.

2. Hanya Firman Tuhan yang mampu mengobarkan semangat kita untuk setia beribadah dan mendengarkan Firman-Nya.

3. Jalani hidup bersama dengan Yesus setiap hari dalam suka maupun duka maka semangat baru akan dikaruniakan kepada kita.

paskah-lansia-2017-3

 

Selesai pemberitaan Firman Tuhan diadakan altar call dan banyak dari para lansia memanfaatkan waktu untuk didoakan oleh para pengasuh lansia. Ibadah ditutup dengan Perjamuan Tuhan yang dilayani oleh para pengasuh lansia dan doa berkat oleh Pdt. Lukas Widiyanto.

paskah-lansia-2017-4

Seusai ibadah, para pengasuh lansia memba-gikan nasi kotak dan suvenir payung kepada semua yang hadir dilanjutkan dengan acara makan nasi tumpeng bersama oleh para penga-suh lansia karena beberapa dari mereka mera-yakan ulang tahun di hari itu.

Para pengasuh lansia bersyukur karena Tuhan masih memberikan kepercayaan untuk melayani ibadah ini walau sebagian besar dari mereka sudah tidak muda lagi bahkan telah berusia lanjut.

paskah-lansia-2017-5

Segala pujian hanya bagi Tuhan Yesus Kristus. Amin. (MH)