Lokakarya Guru-Guru Sekolah Minggu Gkga Di Yello Hotel

 

Pada tanggal 12 Desember, 2016, guru-guru dari beberapa sekolah Minggu sebanyak 48 orang mengadakan lokakarya bertempat di Yello Hotel, Jl. Jemursari 167 Surabaya yang berlangsung dari pukul 09:00 – 15:00. Patut diapresiasi karena mereka rela mengurban-kan waktu liburan bersama keluarga untuk mengikuti kegiatan ini bersama pembicara Ibu Dra.Rosiana Adinegoro,MM,MEd, dosen PAK STAS dan SES yang aktif dalam pelayanan di GPPS, IAHI Surabaya, PD El Olam.

Topik yang diangkat ialah “Menjangkau dan Mengajar Anak-anak Dengan Kreatif”. Harus diakui, menjadi guru sekolah Minggu terutama mengajar anak-anak batita dan balita tidaklah mudah, diperlukan kreativitas tinggi. Seorang guru dituntut untuk kreatif agar anak-anak tidak bosan kemudian menjadi gelisah sehingga mengganggu suasana kelas.

Juga tanpa disadari anak-anak akan merekam perkataan-perkataan yang diucapkan guru waktu menyampaikan Firman Tuhan. Oleh sebab itu guru harus hati-hati dalam ‘menaburkan’ benih Firman Tuhan.

Dalam lokakarya ini, guru-guru diberi penjelasan bahwa setiap anak berbeda dalam menerima Firman Tuhan, ada yang cepat menangkap cerita secara auditory (menye-rap informasi melalui apa yang didengar), visual (melalui gambar, warna, peta, diagram), kinestetik (melalui berbagai gerakan fisik). Guru diharapkan mengenal gaya belajar anak-anak untuk mempermudah mereka menyerap pesan Firman yang disampaikan.

Ternyata durasi 6 jam tidak cukup untuk membahas topik-topik yang disajikan namun paling tidak guru-guru memperoleh wawas-an lebih luas setelah mengikuti lokakarya ini dan diharapkan mereka menerapkan ‘ilmu’ yang telah diperoleh demi kemajuan penge-nalan anak-anak kepada Tuhan.

Juga kebersamaan guru-guru yang menjadi ‘murid’ dalam memperagakan beberapa cerita Alkitab menjadi kenangan yang tak terlupakan. Kiranya kebersamaan ini tetap berlanjut dalam pelayanan di masing-masing sekolah Minggu untuk menaburkan benih Firman Tuhan dengan benar dan Nama Tuhan dipermuliakan. Amin. (RK)