Maria

Dia adalah seorang gadis dari Nazaret yang memiliki hak istimewa yakni menjadi seorang ibu yang melahirkan Putra Allah dan satu-satunya orang yang hadir saat Yesus dilahirkan juga menyaksikan kematian-Nya. Dia melihat-Nya hadir sebagai bayinya dan menyaksikan-Nya mati sebagai Juru selamat.

Kehidupan Maria semula cukup menyenang-kan sebelum kehadiran malaikat Gabriel yang tiba-tiba. Dia telah bertunangan dengan Yusuf, seorang tukang kayu, dan berencana masuk dalam pernikahan ketika tiba-tiba kehidupannya berubah total. Merasa seakan-akan mendapatkan hadiah besar dari suatu kontes yang tidak pernah diikutinya, sapaan malaikat Gabriel membuatnya bingung dan ketakutan walau berita yang dia dengar selanjutnya adalah berita yang diharapkan oleh hampir semua wanita Israel bahwa Anak yang dia lahirkan adalah Mesias yang dijanjikan. Maria tidak meragukan berita tersebut tetapi bertanya-tanya bagaimana mungkin kehamilan itu terjadi tetapi Gabriel menjawab bahwa bayi yang dikandungnya adalah Anak Allah. Dan jawaban yang diberikan oleh Maria adalah jawaban yang sekian lama ditunggu dengan sia-sia oleh kebanyakan wanita Israel, "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." (Luk 1:38)

Delapan hari setelah Yesus lahir, Dia dibawa ke bait Allah untuk diserahkan kepada Tuhan. Di sana Yusuf dan Maria ditemui oleh dua orang saleh yakni Simeon dan Hana. Simeon mengucapkan beberapa kata kepada Maria yang kemudian menjadi buah pikiran pada tahun-tahun berikutnya “dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang.” (Luk 2:35) Bagian terbesar dari kepedihan hatinya ialah menjadi seorang ibu yang menyaksikan Anaknya ditolak dan disalibkan oleh orang-orang yang untuk mereka Dia datang menyelamatkan.

Meskipun Maria tahu apa yang diderita sebagai ibu Yesus, dia tetap meresponsnya. Maukah Anda bersikap seperti Maria yang bersedia dipakai oleh Allah?

Kekuatan dan kecakapan Maria:

  • Ibu dari Yesus, Sang Mesias
  • Seorang manusia yang bersama Yesus dari lahir sampai mati
  • Berkemauan untuk dipakai oleh Tuhan
  • Mengetahui dan menerapkan Kitab Per-janjian Lama

Pelajaran dari kehidupan Maria:

  • Pelayan-pelayan Tuhan yang terbaik sering kali adalah orang-orang sederhana yang bersedia dipakai oleh Tuhan
  • Rencana Tuhan melibatkan kejadian-kejadian luar biasa pada kehidupan orang-orang sederhana
  • Karakter seseorang diungkapkan oleh responsnya terhadap sesuatu yang tidak diduga

Statistik demografi:

  • Tempat: Nazaret, Betlehem
  • Pekerjaan: ibu rumah tangga
  • Keluarga: Suami: Yusuf, Saudara: Zakaria, Elizabet, Anak: Yesus, Yakobus, Yusuf, Yudas, Simon dan beberapa anak perempuan

Ayat-ayat kunci:

Lukas 1: 38